Kamis, 20 Mei 2010

Struktur Data

Setiap program komputer bergantung pada algoritma dan struktur data. Algoritma adalah cara dan strategi bagaimana program menyelesaikan masalah, sedangkan Struktur data adalah desain dan perancangan bagaimana data dikelola di memori untuk menyelesaikan permasalahan. Karena begitu pentingnya struktur data dalam suatu program dan karena java menyediakan berbagai utilitas struktur data yang canggih dan serbaguna.

Struktur Data Dasar

Dalam banyak literatul ilmu komputer dan buku – buku pemrograman, struktur data yang paling mendasar terdiri dari tiga macam, yaitu :
1. Array, (tabel)
2. list berkait dan
3. tree (pohon)
Ketiganya dapat diaplikasikan dalam berbagai masalah dan biasanya setiap masalah memiliki penyelesaian dengan struktur data yang khas.

1. Array
Array adalah serangkaian objek yang memiliki tipe sama. Misal array of integer adalah array yang terdiri dari suatu rangkaian integer. Array digunakan untuk menyimpan sejumlah nilai pada sebuah variabel. Contoh kasusnya, misalkan program anda membutuhkan 1000 variabel berbeda, maka daripada anda susah – susah mencari nama untuk tiap variabel maka anda dapat memakai array.
Nilai- nilai yang tersimpan pada array disebut elemen. Untuk mengakses elemen tertentu pada array digunakan angka index. Index menunjukan nomor urut dari posisi elemen yang ingin diakses dalam array. Array yang terdiri dari 7 elemen bertipe sama, yaitu tipe apel. Perhatikan contoh berikut yang menunjukan cara memprogram array.
Program 4.10 Array.java
1. public class array {
2. public static vold main (string args [1)
3. {
4. int arr[] ; //mendeklarasiaan array
5. arr = new int [5] ; // menentukan kapasitas array
6. /*
7. Baris diatas akan menghasilkan efek yang sama dengan baris berikut:
8. int arr[] ; = new int [5] ;
9. */
10. arr [0] = 1; //mengisi element k-0 dengan nilai 1
11. arr [1] = 21; /mengisi element k-1 dengan nilai 21
12. for (int i=0; i13. System.out.printIn (‘arr [“+i+”] = “+arr [i] ) ; }
14. }15. }

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda